Thursday, October 13, 2011

Apa Itu Gateway dan Default Gateway

Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.


Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gateway" dengan "router" yang sebetulnya tidak benar.

Kadangkala, kata "gateway" digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar

Default Gateway
Default gateway, adalah dimana sebuah host mengirim semua datagram remote-boundnya. gateway akan memiliki sebuah tabel semua kemungkinan rute kemana jaringan remote mungkin eksis dan akan mengantarnya sampai ke lokasi. gateway mengirim via path terpendek berdasarkan informasi di dalam routing table.
komputer windows NT 4.0 dapat memiliki banyak default gateway sebagai toleransikesalahan. bila salah satu gateway down, maka komputer anda dapat menggunakan gateway berikutnya sesuai daftar di dalam tabel.
default gateway adalah parameter pilihan. ini hanya digunakan apabila anda memiliki lebih dari satu segmen jaringan dan anda mencoba mengkomunikasikan keduanya.

6 comment:

Unknown on October 15, 2011 at 2:45 PM said...

Makasih sob infonya,sungguh saya baru tahu disini.Thanks ya,happy blogging ajah.

Asis Sugianto on October 16, 2011 at 9:00 AM said...

terima kasih artikelnya sob, sangat membantu,..

DISTRO COMPUTER on October 17, 2011 at 9:12 AM said...

Sama-sama sob. sering-sering mampir ke sini ya.

ridwan on January 12, 2013 at 11:52 AM said...

Default Gatewaynya harus sama gk ama yang harus kita hubungkan ..?

DISTRO COMPUTER on February 17, 2013 at 3:31 PM said...

iya sob, default gateway itu sama yaitu IP yg di set di router

Teknokrat on September 15, 2015 at 4:15 PM said...

Ip yg Mana Yang harus Di samakan dengan Defauit gateway

Post a Comment

 

Lijit Search Wijit

DISTROCOMPUTER Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Revolt Sponsored by Online Business Journal