Wednesday, January 26, 2011

VoIP Rakyat

Penasaran sama yang namanya VoIP rakyat....? ,, akhirnya seharian ngubek ngubek Om Google buat cari tahu apa itu VoIP dan gimana cara implementasinya..  iseng iseng nanya temen via YM tentang apa itu VoIP dengan teman yang pertama saya gagal karena dia juga tidak begitu paham,, tapi ga pantang menyerah.. saya bertanya lagi ke teman yang lain, nah.. sepertinya saya menanyakan orang yang tepat.. ternyata dia sedang mengembangkan VoIP di kantor tempat dia bekerja saat ini. saya pun tidak menyia – nyiakan kesempatan ini.. segala uneg uneg tentang VoIP saya sampaikan..

setelah menjelaskan sedikit teori dia menyarankan untuk langsung mempraktekan VoIP dengan dia.. saya yang telah terlebih dulu  menginstal VoIP rakyat Communicator dan iaxLite kesulitan untuk melakukan configurasinya..  sang teman membimbing saya setelah semua selesai,, saya memcoba melalukan call ke nomor VoIP nya.. tetapi gagal terus.. dia bilang mungkin konfigurasi saya ada yang salah.. lalu saya mencoba uninstall iaxLite dan meng install nya lagi.. tapi hasilnya sama saja.. GAGAL,, berulang ulang kali saya cek konfigurasinya dan menurut saya sudah benar tapi tetap saja tulalit..
Akhirnya dia menyadari kalau konfigurasi dia yang salah ( capedeh ) hehe.. Finally,, VoIP sukses dan saya bisa mendengar suaranya lewat VoIP ini..
Jadi pertama yang harus dilakukan adalah :
1. Daftar kan diri anda di http://www.voiprakyat.or.id
2. Apabila register sukses anda akan mendapatkan email berupa Id, pass, dan pastinya nomor VoIP anda
3. Download dan install softphone ( aplikasi untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan ) jenisnya banyak ada iaxLite, SPJPhone atau Idefisk
4. Lakukan konfigurasi pada softphone anda ( saya mnggunakan iaxLite versi 3.0)
5. setelah konfigurasi selesai klik ok,, apabila konfigurasi anda benar maka pada tampilan softphone akan keluar username pada layar.
6. Telepon VoIP ( USB Phone Atau Headseat )
7. Klik gambar telpon dan Anda pun siap melakukan panggilan.. :)
VoIP (Voice over Internet Protocol ) itu sendiri adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. VoIP ini sangat baik diterapkan pada usaha kecil dan menengah dimana dana yang dibutuhkan sangat kecil karena hanya perlu sambungan internet jadi tidak perlu berlangganan untuk biaya telpon.
Keunggulan VoIP adalah :
• Biaya komunikasi yang relatif murah.
• Mudah dalam penggunaannya.
• Jaringan komunikasi yang telah tersebar luas di Luar Negeri.
• Sudah banyak yang menggunakannya.
Kekurangan VoIP adalah :
Kualitas suara tergantung pada server VoIP yang digunakan, Bandwidth
atau kecepatan akses internetnya.

1 comment:

Unknown on September 23, 2022 at 7:44 AM said...

a4u28p9x59 s9l13d1x29 p3f56x9a83 l2l85t0i87 s5p54j3g88 o2v69v1u71

Post a Comment

 

Lijit Search Wijit

DISTROCOMPUTER Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Revolt Sponsored by Online Business Journal